7 Cara Cerdas Menghemat Tagihan Listrik

Sebagai salah satu kebutuhan utama di dalam rumah tangga, instalasi listrik rumah terkadang sekaligus juga menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar setiap bulannya. Besarnya pengeluaran Anda untuk membayar tagihan listrik ini dipengaruhi oleh seberapa banyak daya listrik yang digunakan. Tentunya, semakin banyak instalasi listrik yang digunakan semakin mahal juga Anda perlu membayar listrik. Tak hanya dari segi keuangan saja, dari sisi lingkungan juga. Dengan menghemat listrik, Anda juga ikut menjaga lingkungan secara tidak langsung.

Namun, mungkin tanpa Anda sadari ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat tagihan listrik setiap bulannya. Sehingga dana yang digunakan untuk membayar listrik tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan rumah tangga yang lainnya. Yuk, simak beberapa tips di bawah ini untuk melakukan penghematan listrik.

Instalasi Listrik Rumah Sejasa

  1. Gunakan Seperlunya

Tanpa Anda sadari, sebagian besar listrik yang Anda bayarkan setiap bulannya adalah jumlah yang tidak benar-benar Anda gunakan. Misalnya, televisi yang tetap menyala saat Anda sedang tidur atau tidak tonton. Tentu Anda akan rugi karena Anda membayarkan apa yang  tidak Anda gunakan atau tidak Anda nikmati. Karena itu biasakan untuk mematikan peralatan listrik jika tidak digunakan.

  1. Cabut dari Saklar

Hal yang sering kali disepelekan ini ternyata malah salah satu penyebab yang paling utama dari bengkaknya tagihan listrik Anda. Setelah baterai HP Anda penuh, sering kali charger Anda tidak dicabut dari sumber ini. Segera ubah kebiasaan Anda. Jika memang Anda pelupa, lebih baik gunakan terminal listrik yang terdapat beberapa socket dan bisa dimatikan langsung tanpa harus mencabutnya.

  1. Matikan Saat Tidur

Ada beberapa perangkat elektronik yang tidak Anda perlukan saat sedang tidur namun biasanya tetap dibiarkan menyala begitu saja. Sebut saja AC dan TV. Ketika hendak tidur, jangan lupa untuk menggunakan mode timer agar AC Anda akan mati secara otomatis setelah beberapa jam atau setelah beberapa waktu yang Anda tentukan sendiri. Karena, saat sedang tidur, tubuh Anda tidak terlalu memerlukan suhu yang terlalu rendah. Malah, Anda bisa terbangun di tengah malam karena kedinginan.

Sedangkan TV, beberapa orang memiliki kebiasaan untuk membiarkan TVnya menyala saat sedang tidur. Alasannya adalah karena dengan hal itu, suasana di dalam kamar jadi sedikit lebih ramai. Hal ini tentu akan sangat boros listrik karena daya yang digunakan juga cukup besar. Sama halnya dengan AC, biasakan untuk menggunakan mode timer agar TV akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Setrika, Kulkas dan Mesin Cuci.

Selain TV dan AC, tiga benda elektronik yang sering digunakan ini juga ternyata bisa Anda hemat dari segi penggunaannya. Karena benda-benda tersebut memiliki fiturnya tersendiri untuk menghemat listrik. Misalnya, gunakan pengatur panas otomatis pada setrika agar bisa mati secara otomatis ketika suhunya sudah sangat tinggi. Selain itu, Anda juga harus bisa menyesuaikan suhu setrika dengan bahan dari pakaian yang akan Anda setrika agar tidak terjadi pemborosan listrik.

Untuk lemari es, sebaiknya hindari penggunaan suhu yang rendah pada kulkas yang kosong atau isinya yang tidak terlalu banyak. Karena tentu saja, semakin rendah suhu, semakin banyak konsumsi energi listrik yang digunakan. Begitu juga dengan mesin cuci, ada beberapa pilihan daya mesin cuci yang bisa Anda pilih. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda agar dapat digunakan dengan optimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *